Sabtu, 30 Maret 2013

Macam-macam Karakteristik Samudera di Dunia


Karakteristik Samudera di Dunia


1. Karakteristik Samudera Hindia.
Karakteristik Samudera Hindia adalah :
1.     Dikelilingi oleh Benua Asia dan Benua Afrika pada bagian Tmur, Utara danBarat, hanya bagian Selatan yang terbuka bebas langsung berhubungandengan Kutub Selatan . 
2.     Seluruh wilayah Samudera Hindia berada di bagian wilayah Garis Bujur Timur.
3.     Samudera Hindia menjadi sumber air hujan bagi negara-negara Asia bagianTenggara dan Selatan, serta bagian Timur Benua Afrika.
4.     Samudera Hindia jarang menimbulkan badai besar seperti Samudera Pasifiksehingga pelayaran melalui Samudera Hindia relatif aman.
5.     Pada dasar samudera yang berbatasan dengan benua Asia terdapat pusatpusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudera sehinggamenjadi daerah labil atau pusat gempa bagi negara-negara Asia sepertiIndonesia, India, Afghanistan dan Iran.

2. Karakteristik Samudera Pasifik
1.     Merupakan samudera terluas di dunia 
2.     Mempunyai palung terdalam di dunia
3.     Dilalui garis tanggal internasional pada garis bujur barat dan garis bujur timur yang berimpit di Kepulauan Samoa. Hari Minggu di wilayah garis bujur barat berarti hari Senin diwilayah garis bujur timur.
4.     Arus Samudera Pasifik mengalir ke Samudera Hindia melalui Selat Makasar, Selat Lombok, Selat Bali , sebagian melalui Laut Halmahera dan Laut Maluku dan laut Arafuru.
5.     Dipinggiran Samudera Pasifik mengalir arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oya syiwo yang saling bertemu di Laut Bering menyebabkan kondisi air laut sangat baik untuk perkembangan ikan laut. Disanalah nelayan pane ikan.
6.     Dasar Samudera Pasifik sering menjadi pusat gempa bumi di Jepang, Philipina, pantai Barat a Amerika Utara dan Amerika Latin. 
7.     International Date Line (IDL), garis batas penanggalan Internasional yaitu pada 180 BT dan 180 BB, berada di samudera Pasifik

3. Karakteristik Samudera Atlantik
1.     Merupakan samudera yang menghubungkan dunia lama (Eropa) dengan duniabaru ( Amerika ). 
2.     Di Samudera Atlantik terdapat fenomena Segitiga Bermuda ( pantai timur AmerikaSerikat dekat Kepulauan Bermuda) yang terkenal karena daya gravitasinya yang besar atau menjadi pusat magnit bumi sehingga sering dikabarkan hilangnyakapal-kapal atau pesawat terbang yang melintas di atasnya. 
3.     Sebagian besar wilayah Samudera Atlantik berada di wilayah garis bujur Barat.



4. Karakteristik Samudera Arktik
Karakteristik Samudera Arktik adalah :
1.     Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibandingkan samudera-samudera yang lain oleh karena letaknya yang paling jauh dari garis khatulistiwa. 
2.     Samudera Arktik menjadi satu-satunya samudera yang tidak dilalui garis khatulistiwa dan berbatasan langsung dengan Kutub Utara. Dengan demikian maka Samudera Arktik menjadi samudera yang tidak ada batasnya, karena mengelilingi Kutub Utara secara penuh. 
3.     Seluruh wilayah Samudera Arktik berada di Garis Lintang Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar